Unlock Blog / Website Using Free Proxy
URL :
Selamat Datang di ihgilailmam.blogspot.com , Silahkan Cari disini apa yang anda Cari,dan Jangan lupa Follow & Commentnya ya !

Yang Seharusnya Para Blogger Lakukan dalam nge-Blog

Kegiatan ngeblog tidak hanya sekedar mengupdate blog, tetapi ngeblog bagian sebagian blogger memiliki peran dan fungsi sendiri-sendiri. Apapun motivasinya, ngeblog sebagai kegiatan sosial selalu berhubungan dengan orang lain, misalnya itu pembaca atau sesama blogger.

Layaknya tatanan kehidupan, dalam ngeblog pun juga ada etikanya, baik itu yang berupa anjuran yang seharusnya dilakukan atau dihindari. Bukan saja untuk membangun personal brand yang baik, Berikut yang harus dilakukan Para Blogger dalam nge-Blog :

  • Update blog dengan rutin :
Ini sering dianjurkan kepada blogger untuk dilakukan. Karena untuk mengupdate blog itu butuh semangat dan konsistensi. Lebih mudah untuk membuat blog, tetapi mengelola blog dengan menyajikan konten secara rutin itu lebih sulit. Sebenarnya sebagai blogger harus mampu mengalahkan sikap malas atau ketakutan tulisan yang dibuatnya tidak bagus. Ngeblog adalah sebuah proses, yang bisa membuat lebih baik atau sempurna.

Saya sendiri mencoba untuk konsisten dan rutin mengupdate blog ini, setidaknya seminggu sekali. Lihat saja di arsip kalau tidak percaya. Sebagai salah satu blog yang memiliki pembaca setia, menghadirkan post blog yang baru akan membuat mereka tidak meninggalkan blog ini. Selain itu google search engine juga akan tetap rutin mengindeks blog yang rutin diupdate.

  • Menghindari copy paste :
Bukan hanya gadget dan koneksi internet saja yang diperlukan dalam ngeblog, ide juga lebih penting. Copy paste atau mencuri konten paling tidak disukai blogger. Konon katanya jika kita melakukan copy paste yang sama persis itu berarti merendahkan pelakunya sendiri. Cobalah mengulasnya sendiri, tidak mengambil secara penuh.

Saya sendiri, dulu pernah melakukan copy paste. Beberapa hari yang lalu ada tulisan di blog ini ada yang dilaporkan oleh seseorang sebagai hasil copy paste, sehingga oleh blogger.com dihapus dan dijadikan draft. Akhirnya saya ubah (tulis kembali) dan publikasikan. Sekarang ini semakin banyak paltform blog yang bisa mendeteksi sebuah post yang hasil copy paste, bahkan google search engine pun juga tidak menyukainya. seperti DMCA

  • Jadilah diri sendiri dan menulis dengan hati :
Dalam dunia ngeblog jangan sampai kita kehilangan karakter dan jati diri. Bolehlah terpengaruh dengan gaya ngeblog seorang, tetapi usahakan tidak mengikutinya sama persis. Malahan jika itu terjadi bisa membuat kita tidak memiliki keunikan. Begitupun dengan gaya menulis, tunjukan dan berikan sentuhan sisi personal, bahwa seperti inilah saya.

Penting juga menulis dengan hati, artinya apa yang kita tulis memang apa yang sedang pikirkan. Mungkin juga bisa Curhat dalam blog :D

  • Berinteraksi dengan pembaca :
Kesenangan ngeblog bukan hanya berbagi tetapi juga berinteraksi. Sebuah blog akan terasa lebih hidup jika pemiliknya tidak hanya menulis dan dibaca diri sendiri. Sejatinya sosial media seperti blog adalah tempat berinteraksi, oleh sebab itu blogger juga ada widget atau fitur follow, blog yang diikuti bisa terbaca di dasbor. Saling mengunjungi blog lain bisa menambah pengetahuan baru. Interaksi juga bisa terlihat dari membalas komentar yang masuk.
  • Memberikan kenyamanan pengunjung blog :
Tamu harus dijamu dan dilayani dengan baik. Begitupun pengunjung blog kita, harus kita buat nyaman dan betah di blog kita. Kenyamanan itu bisa didapatkan dari konten yang berkualiatas, dari tampilan dan menu yang mudah. Jangan sampai blog penuh dengan iklan, apalagi yang pakai float atau melayang yang menutupi. Kita bisa menempatkan iklan secara bijak, tidak memaksa pengunjung untuk mengklik atau terpaksa.

Perlu diperhatikan juga penggunaan widget, coba yang seperlunya saja. Usahakan pula loading blog tidak terlalu lama. Memberikan kenyaman pembaca membuat mereka senang berlama-lama di blog. Permudah pengunjung untuk berbagi tulisan, berkomentar dan menemukan yang hendak mereka cari.


-Segitu saja yang bisa saya sampaikan kepada kalian, jika ada yang lain tambahkan saja dikolom komentar :D 

Read Users' Comments (11)

11 Response to "Yang Seharusnya Para Blogger Lakukan dalam nge-Blog"

  1. Rahma says:
    23 November 2012 pukul 01.00

    suka...

  2. Hermanbagus says:
    24 November 2012 pukul 04.49

    sib betul sob

  3. Ichsan Ramadhani says:
    24 November 2012 pukul 05.37

    RT banget sama semua wejanganya nih. siipp dehhhh

  4. Anonim Says:
    24 November 2012 pukul 15.30

    betul bgt sob..
    setuju deh sama kamu, hehe

  5. zookdee says:
    26 November 2012 pukul 01.04

    siip..

  6. TiranaAduka says:
    28 November 2012 pukul 06.43

    mantap soa postingnya..monggo komen nang blogku do follow blog..

  7. Supercoolzz says:
    29 November 2012 pukul 22.56

    udah ane praktekkan semua gan..:)
    makasih ya..:)

  8. Penghuni 60 says:
    30 November 2012 pukul 00.14

    yg paling akhir setuju bgt tuh, sebel kalo pas masuk ke sebuah blog tapi di alingin ama iklan gede yg nutupin, abis gitu kalo pengen ngilangin tuh iklan musti klik iklannya lbh dulu, itu sih namanya maksa.langsung aku tinggalin blog kyk gitu

  9. Unknown says:
    30 November 2012 pukul 18.33

    jadi diri sendiri lebih penting dan bersikap profesional :)
    .

  10. Info Kesehatan Indonesia says:
    3 Desember 2012 pukul 10.42

    iya gan ane setuju yang terakhir tuh, banyak pasang widget, yang justru membuat berat loading, sehingga membuat malas untuk berkunjung. padahal kontennya bagus.

  11. bagollum says:
    6 Desember 2012 pukul 01.13

    ane punya banyak domain, beberapa nganggur gak kepake, kalo kamu minat pm ane ke mail[at]bagollum.com aja, ntar ane kasih tau nama2 domainnya, mungkin cocok buat blog lo, 100% free, ane serius nih daripada mubazir gak kepake, oya expirednya 07/13 nanti, selanjutnya perpanjang aja sendiri cz dah 100% punya kamu ko'.

Posting Komentar


close